SERTIFIKASI WELDER

uji kompetensi program keahlian teknik las tahun 2010 dilaksanakan 2 gelombang dengan penguji LSP LMI VEDC Bandung. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 15, 16, 17 April 2010 dengan jumlah peserta 15 siswa.

Kompetensi yang diujikan :

  1. K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
  2. Menggambar dan menginterpretasikan Sketsa
  3. Menerapkan prosedur-prosedur mutu
  4. Menggunakan Perkakas Bertenaga atau Operasi Digenggam
  5. Menggunakan peralatan pembandingdan atau alat ukur dasar
  6. Mengelas Tingkat Lanjut dengan Proses Las Busur Metal Secara Manual (SMAW)
  7. Mengelas Tingkat Lanjut dengan Proses Las Gas Metal (MAG)

semua peserta (15 siswa) mengambil posisi pengelasan 6G SMAW

2 dari 15 peserta mengambil posisi pengelasan 3G MAG

2 dari 15 peserta mengambil posisi pengelasan 4G MAG

Hasil dari uji kompetensi tersebut semua peserta  (15 siswa) dinyatakan kompeten dan direkomendasikan untuk mendapatkan sertifikat kompeten dari BNSP.

visualisasi dari kegiatan sertifikasi tersebut adalah seperti yang tergambarkan di bawah :

Gambar peserta dan penguji

Aji GMAW 3GAji SMAW 6G

Arif GMAW 4GArif SMAW 6G

Faiz GMAW 3GFaiz SMAW 6G

Ipul GMAW 3GIpul SMAW 6G

Bambang SMAW 6G Harminto SMAW 6G

Rifqi SMAW 6GMuhar SMAW 6G

Yamin SMAW 6G Sulamin SMAW 6G

Sugeng SMAW 6GSudarmono SMAW 6G

Panji SMAW 6GShoad SMAW 6G

Sholekan SMAW 6G

Kegiatan Uji Kompetensi (Sertifikasi Welder) pada Program keahlian teknik las telah kami laksanakan sejak tahun 2002 bekerja sama dengan ATB Welding Migas Cepu. Selanjutnya dikembangkan dengan bekerja sama dengan Asosiasi Pengelasan Indonesai Bandung dan ATB Welding Migas Cepu pada tahun 2005, 2006 dan 2007. Pada Tahun 2008 dan 2009 kami bekerja sama dengan LSP Welding Bandung dan ATB Migas Cepu untuk mensertifikasi siswa kelas 3 Program keahlian Teknik Las. (Data dapat dilihat di halaman alumni)

Berikut Dokumen yang dapat diagendakan….

Uji sertifikasi welder dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan tanggal 9 Mei 2009.

Penguji dari LSP Welding Bandung (Drs. Untung Witjaksono, M.Pd)

Jumlah peserta 10, masing-masing melakukan pengujian teknis posisi 6G SMAW

Pengujian diawali dengan uji teori (wawancara)

dilanjutkan dengan uji praktik (kemampuan teknis)

berikut adalah dokumen dari kegiatan uji sertifikasi LSP Welding Bandung

PROSES LAS SMAW

6G POSITION TEST

6G POSITION_001

2

4_001

Elektrode : AWS E6010 diameter 3,2mm for root; AWS E6013 diameter 3,2mm for hot pass and capping

PENGUJIAN VISUAL OLEH ASSESOR LSP

(Drs. Untung Witjaksono, M.Pd)

pengujian visual_001

pemeriksaan visual_0016g welding posisi sertifikasi_001

SELANJUTNYA………

PENANDAAN PENGUJIAN BENDING TEST

(ROOT BEND TEST DAN FACE BEND TEST)

BEND SPECIMENTS

SnapShot_001jenis uji_001

PROSESI PENGUJIAN TEKUK

(BENDING TEST)

agus_001Agus Puryanto  arif huseinArif Husein

buntoro_001Buntoro                edi sancokoEdi Sancoko

edy kunarsoEdy Kunarso     edy purnomoEdy Purnomo

erna_001Erna Wahyudi    riko_001Riko Hermawan

supriyadi_001Supriyadi              supriyantoSupriyanto

HASIL PENGUJIAN TEKUK

hasil uji tekukFace Bend Test dan Root Bend Test

Dari 10 siswa yang mengikuti Uji Sertifikasi LSP Welding Bandung semuanya dinyatakan Kompeten dan direkomendasikan untuk mendapatkan sertifikat LSP dengan Unit Kompetensi =

  1. Menerapkan K3 di Lingkungan Kerja
  2. Menerapkan Prosedur Mutu
  3. Menggambar dan Membaca Sketsa
  4. Mengukur Menggunakan Alat Ukur
  5. Menggunakan Perkakas Tangan
  6. Mengelas Tingkat Lanjut dengan Las Busur Metal Manual

===

Uji Kompetensi Sertifikasi Welder dengan ATB Welding Migas Cepu

Uji Kompetensi sertifikasi welder dengan ATB Welding Migas Cepu dilaksanakan pada tanggal 25, 26 dan 27 Mei. Jumlah Peserta sebanyak 25 siswa. Proses pengelasan menggunakan proses las SMAW dengan elektroda AWS E7016 diameter 2,5mm root pass, dan AWS E7018 diameter 3,2mm hotpass dan capping.

Uji kompetensi diawali dengan test tertulis, dan dilanjutkan dengan ter praktik (unjuk kerja). Adapun pada tes praktik posisi pengelasan yang diambil oleh peserta cukup berfariasi, yaitu ada yang mengelas posisi 3G, 2G pipa, dan 6G pipa.

Pemeriksaan hasil pengelasan dilakukan dengan Visual Test dan Non Distructive Test (Radiography Test).

Pada uji kompetensi kali ini saya tidak bisa mengagendakan proses pengujiannya karena saya pada saat yang bersamaan sedang melaksanakan tugas pembimbingan peserta LKS Tingkat Nasional mata lomba Welding. Namun demikian saya masih dapat mengagendakan hasil-hasil pengelasannya , yaitu :

3g smaw_001hasil pengelasan SMAW posisi 3G

hasil las pipa 2g dan 6g_001hasil pengelasan SMAW 2G dan 6G pipa

Secara visual test mereka dinyatakan memenuhi standar dan lulus sedangkan secara Radiography test masih menunggu hasil pengujiannya yang dilaksanakan di ATB Welding Migas Cepu.

Semoga sukses semua. Amiin

Responses

  1. langkah maju, patut ditiru oleh sekolah-sekolah lain yang berbasis kompetensi pak..

    • saya kusaeri alumni 97 mesin3 dijakarta, bisa nggak pak saya ikut uji kiompetensi/sertifikasi welding,kalo bisa gimana caranya,,,???

      • daftar pelatihan, kemudian diikutkan dalam uji sertifikasi

      • kira kira biaya sertifikasi berapa?dan waktu sertifikasinya kapan? supaya saya bisa atur waktunya pak.

  2. Bagaimana caranya kami ingin ikut pelatihan las yntuk mendapatkan sertifikasi pak dari belawan -sumatera utara

    • caranya
      – silakan mengirimkan data saudara melalui
      e-mail = baud_widodo@yahoo.co.id;
      – Paket pelatihan yang diinginkan

      diharapkan peserta mencapai minimal 10 orang.
      ——

  3. harus diakui smk th pati ,bagus jurusan lasnya. selamat mas baut.

    • makasih ya…. semoga kita semua bisa sukses bersama anak-anak…

      salam
      Mas Ba

      • amiiiin,,,

  4. kalo pengen belajar di sini gimana syaratnya, kalo cuma lulusan sma bisa tidak?

    ===
    dear mr angga
    untuk dapat belajar di tempat kami..sangat bisa. lulusan apapun. silakan mr angga datang ke tempat kami. akan kami layani

    terima kasih

  5. tolong dong alamat sekolah tersebut

    ====
    terima kasih kunjungannya…
    alamat sekolah :
    SMK Tunas Harapan Pati,
    Jl. Raya Pati-Trangkil Km.4, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah
    telp. 0295-382470, fax. 0295-382234
    webside = http://smktunasharapanpati.net
    e-mail = smk@tunasharapan.org

    atau dapat klik di lembaga

    semoga bermanfaat
    amiin

  6. mas kalau di batam ada gk ya ???

  7. saya alfred, dari Bandung. tidak sengaja saya menemukan website ini. saya punya background welding (WI) dgn aplikasi repair welding untuk kom,ponen turbin. salah satu mimpi saya adalah mirip dengan SMK-TH ini. mengembangakn program kompetensi di SMK-SMK di Bandung dsk. tujuannya untuk menyiapka tenaga trampil siap pakai dan siap usaha. mungkin kita bisa share?
    thank you.. please reply to my email…

    • dengan senang hati pak alfredaryadi.. kami sangat membutuhkan banyak informasi tentang ilmu pengelasan. semuanya demi masa depan generasi bangsa.
      salam perjuangan
      baud w

  8. salah satu PR bagi insan pengelasan adalah regulasi yg nelum seragam tentang pengelasan di indonesia. contohnya seperti NDT. asosiasi nya eksis dan jelas serta regulasi pun jelas. NDT level I, level II dst. dan diterima disemua area (depnaker/migas) bahkan Luar negeri.. nah pengelasan harus menjadi seperti itu.. personil yg lulus sertifikasi,.. tidak perlu lagi diuji ulang, hanya karena user nya berafiliasi berbeda. di media indonesia hari ini, ada ribuan peluang kerja diluar sana yg membutuhkan tenga kerja ahli,.. bahkan di timur tngah satu negra bisa butuh lebih dari 1000 orang,.. pastilah disana ada welder…

  9. saya seorang pengajar teknik las di SMK Kodeco,,,namun saya akui keahlian saya rasa sangat kurang,,,,saya tidak pernah mengikuti sertifikasi apapun walaupun sangat ingin,,,
    adakah informasi tentang sertifikasi dibidang welding dan bagaimana caranya????

    • bpk bisa mengajukan permohonan kepada TEDC/VEDC Bandung (Lavalo/Las dan Vabrikasi Logam) Up Bpk Untung Witjaksono. setiap tahunnya melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru sekaligus sertifikasinya. dari LBM 3, LBM2 dan LBM 1.
      semoga bermanfaat dan
      semoga sukses selalu
      amiin

  10. pak sy dr duri-riau,dsini pa ada pak ya?gmn bs bljar brsama bpk?sy sgt ingin x bljr lbh dlm,sy dlu tmatan smk jur,mesin perkakas.
    mksh ats attensi ny

    • jika ingin belajar bersama saya, silakan ke tempat kami. untuk jadwalnya kami persilakan sementara bpk mengaturnya. kami tunggu kedatanngannya. terima kasih atas kepercayaannya. semoga sukses selalu buat bpk fadly

  11. SAya siswa SMKN 2 kandangan.
    spe brtmu d’tkat nasional tmn” se indonesia.

    • Oke. semoga jaya anak-anak Indonesia. Indonesia Jaya.

  12. maaf pak mau tanya
    kira2 utk per orangan bisa nggak?
    trus biaya berapa dan waktunya berapa lama?
    makasi sblm nya
    ttd alfan firdaus

  13. informasi kepelatihan akan kami susun lebih lanjut agar dapat dilanjutkan untuk kegiatan sertifikasinya. tetapi jika tidak harus sertifikasi, dapat dilakasnakan secara individu. waktu dan biaya seperti yang telah kami informasikan pada bagian kepelatihan.
    terima kasih

  14. Agar mendapatkan hasil pengelasan yg baik perlu banyk latihan.Namun untuk itu saya mengalami masalah tentang biaya.saya ingin sekali mencoba untuk mengelas PIPA namun sampai sekarang impian ku blm terwujud karena masalah biaya

    • ada apa dengan biaya? bukankah di sekolah sudah disiapkan?dan keinginan mas doni sendiri seperti apa? (angan2nya gitu)

  15. ehm

  16. pak saya mao tanya klo misalkan perseorangan ingin mendapatkan sertifikasi ato ikut sertifikasi pengelasan untuk di daerah bandung dmn yah adakah informasi dan lama waktunya berapa lama , biayanya berkisaran berapa ya pak dan adakah batasan usia ?
    saya mohon informasinya pak trimakasih..

    • di bandung di TTUC / PPPGT / VEDC Bandung Jalan pasantren. cimahi
      berkomunikasi dengan Bpk. Untung Wutjaksono.
      semoga membantu
      amiin

      • pak saya jamal,dari lampung, saya bisa mengelas tangki,, dlu waktu di wilmar gresix jawa timur,,, saya msuk di tes sampling welding dlu,,dan pada tes sempling las itu saya masuk,, tpi saya tidak pakai certipikat,,,klo saya ingin dapat sertipikat bagai mana cara nya pak,,,, trimaksih seblum nya???

      • bisa daftar untuk uji sertifikasi welder di migas cepu. http://www.pusdiklatmigas.com/jadwal-sertifikasi.html dan silahkan mengikuti uji sertifikasinya. jika masih ragu tentang kompetensi, dapat datang ke tempat kami untuk pra uji. terima kasih

  17. pak sertifikasinya udah termasuk dari migas dan depnaker ya !

  18. mau nanyaain, saya pernah ikutan welding 3g sekarang ingin naik ke 6G pipa berapa biyaya dan pendaftaran dimana

    • di tempat kami siap melayani pelatihan. biaya seperti yang tercantum dalam pelatihan.

  19. saya ada cita – cita sekali punya sertifikasi ini tetapi saya belom ahli dengan yg namanya mengelas . tapi niat ini ada

    • semuanya bisa dipelajari. dikatakan telah belajar jika dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak trampil menjadi trampil. nah kami persilakan jika berkenan untuk mendaftar di tempat kami pada bulan desember. selanjutnya jadwal akan kami susun dan kami informasikan untuk mencapai target yang bpk harapkan. terima kasih

  20. semoga program ini terus mendapat dukungan dan saya sangat apresiasi terhadap kegiatan diatas,iwan komarudin,instruktur las-blk tasikmalaya

  21. profil,instruktur balai latihan kerja tasikmalaya
    ufgradind balai besar pengembangan latihan kerja luar negeri-cevest,bekasi
    sertifikat bnsp,instruktur las-2009

    • lembaga kursus dan pelatihan lkp quantum skills
      tasikmalaya program KURSUS LAS JURU LAS TRAMPIL
      KANTOR(0265)2424138/085222864405

      • terima kasih pak atas sosialisasinya… bagi rekan-rekan yang berdomisili di daerah tasikmalaya dan berkeinginan menguasai ilmu pengelasan silahkan menghubungi langsung lembaga di atas.. terima kasih

  22. salam kenal, saya guru diSMK pengelasan pekalongan, saya salut dg smk jenengan, bisa menghasilkan welder2 yg sangat mumpuni, kl blh tau saya minta trik2nya dan saran untk SMK saya supaya bs spt SMK Master of welder Pati, trmksh

    • awali dengan do’a
      kedua : gurunya kompeten dan memahami benar tentang pengelasan secara konsep maupun teknis
      ketiga : adanya komitmen bersama untuk menghasilkan siswa yang kompeten di bidang pengelelasan termasuk komitmen manajemen terhadap pemenuhan kebutuhan pengelasan
      keempat : pahamkan siswa tentang pengelasan-pengelasan standar
      kelima : jangan keluar dari standar pengelasan yang berlaku
      akhiri dengan do’a

  23. saya lulusan man tpi di man pernah ikut ekstrakurikulerlas selama 2th,tpi pengelasan hanya plat dan siku biasa,skrng saya kerja di jakarta dan bnyak mengerjakan pengelasan baik plat,sikuatopun pipa sya ingin kursus lagi tpi klo ada yg di daerah solo,klo bp ada informasi kursus las di daerah solo tolong informasinya terima kasih…

    • di inlastek solo

      • ada disolo di blk surakarta

  24. salam knal..
    saya lulusan stm muhammadiyah pekanbaru,jurusan mesin industry.. saya mau nanya..ada perwakilan nya ngak di pekanbaru…?????
    pengen jadi pengelas yang profesional nich…
    mohon bantuan nya ya…
    Atas informasinya saya ucapkan trimakasih…
    Wassalam..

    • mas junaidi
      di tempat

      maaf, kami sekolah SMK juga sama dengan sekolah masjunaidi dulu. untuk di Pekan Baru kami tidak ada perwakilan. jadi jika berminat langsung saja ke tempat kami. langsung kami layani.

      hormat kami
      Baud

    • ada di blk pekan baru dengan bpk ngadiran

  25. Assalamu’alaikum
    Pak, foto” yang ujian sama Pak Tinting kok tdk ada?

  26. maaf mas saya mau nanya,kalo untuk sertifikasi welding di daerah cilacap alamatnya dimana yah???makasih

  27. teman gw mau bikin sertifikat baru karena sertifikatnya hilang, trus ifo dunk gimana cara pengurusannya, di jakarta bisa gak ya.., sekarang teman gw itu lagi dipadang.., sertifikatnya atas nama ” EKA KUSNANDA ”
    terima kasih atas infonya..

    • sertifikat dari mana? LSP? Migas? atau BKI? atau dari mana?
      di Jakarta jelas ada.

  28. slm kenal pak…?klo tmpt kursus las argon d jakarta tau ga pak,..?sy d jakarta timur….

    • kalau di BLPT Condet apakah jauh?… mungkin di sana bisa membantu.

  29. pak,tolong alamat tempat training pengelasan & sertifikasinya..apakah yang d jalan psantren cimahi?…thx

    • betul.
      itu tempatnya di LAVALO VEDC Bandung.

      • pak mau tanya klo untuk sertifikasi welder migas dibandung,ada tdk klo tdk ada dimana yah paling dekat lokasinya dari bandung

  30. salm knal, pak saya mo tanya?kalo belajar las di jakarta-timur dimana ya ?terimakasih.

  31. kak sy pngn bngt jd welder tp sy ga tau hrus bljr dmn,,,, sy sdah srng ikut bkrj tp cmn sbgai helper,,,, blh ga qu ikut bljr,,,,,
    Slm knl dri makassar

  32. Pak, apakah ada cabangnya di bekasi cikarang? saya dari wakil perusahaan kntraktr yang ingin melakukan sertifikasi thdp welder.

    • pada prinsipnya bisa, mohon informasi :

      perserta sertifikasinya berapa orang?
      materi sertifikasinya apa saja?
      SMAW, GMAW, GTAW, FCAW, K3, atau apa saja?
      terima kasih.

    • di BLK Bekasi bisa hub bpk wadiya 08159306554

  33. bs ga ikut kursus mengelas pak..
    D pekanbaru d jln apa y ?
    Mhon infonya,
    sblmnya trim’s…

    • maaf pak, kalau di pekanbaru saya tidak tahu. posisi saya di SMK Tunas Harapan Pati – Jawa Tengah.

    • bisa di BLK pekan Baru Hub pak Ngadiran 081365629612

  34. Mau blajar welder d pku da ngak pak

  35. kenalin saya : august agung
    alamat : cilacap
    welder : SMAW

    • salam kenal juga ya Mr August… met bergabung.

  36. pengujian hasil las sangat bagus secara visual untuk memperoleh hasil las yg sempurna didukung dengan pengujian hasil las

  37. please,dikirimkan contoh file sertifikat welder ke email saya ya pak.karena saya tertarik dengan welder ini dan klo bisa agar saya dapat bergabung dgn kawan2 disana utk training nantinya.thanks

  38. ayo kita sama2 berkreasi dgn cara belajar jd juru las.

  39. gimana cara mendapat kan sertifikat saya pernah di salah satu perusahaan PT di batam

  40. Apakah bisa uji sertifikasi migas. dilakukan di Duri,Riau-Sumatera..?

  41. bagus juga, selama ini welder yg sudah lulus banyak terserap proyek apa saja,. facilitas cukup rep..

    • keterserapan alumni dapat dilihat di halaman Alumni. saat ini ada 16 alumni kami yang bekerja di jepang melalui penyalur komatsu jakarta. sedang yang masih pendidikan bahasa jepang ada 4 alumni. untuk lainnya terserap di perusahaan di daerah jakarta dan sekitarnya. misalnya sugiti creative, AHM, dll

  42. ok.. bagaimana dengan FCAW

    • untuk pengelasan FCAW, secara teori dan praktik kami berikan kepada anak didik kami sebagai bekal agar mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha/industri. memang untuk kompetensinya hanya baru 1F, 2F, 3F dan 4F. belum sampai pada pekerjaan pelat dan pipa seperti SMAW.

  43. assalamualaiQum…
    Tolong informasinya pak, untuk program setifikasi tahun 2012 kapan di adakan ?saya tertarik untuk mengikuti program tersebut, karena memiliki sertifikat welding buat saya nilai lebih,…
    Hubungi kontak saya di no:085883762099 atau e mail : uddintea@gmail.com
    Di tunggu banget informasinya.
    Makasih.

    • pelatihan tanggal 19 – 26 April 2012. Uji Kompetensi tanggal 27-28 April 2012 Pak.

      • mas, untuk trainning welding bulan jan-feb 2013 ada gak? trimakasih

      • jika untuk trainning, setiap waktu dapat kami layani. tapi untuk sertifikasi sementara pada bulan april-mei. terima kasih

  44. pak saya mau tanya klo untuk pelatihan welder untuk migas di daerah bandung ada tdk,klo tdk ada dikota mana yah adanya yang dekat dngan bandung

    • Maaf Pak, saya tidak tahu. coba Bpk Hubungi Lavalo VEDC/TTUC/P4TK Bandung. Jalan Pasantren Cibabat.

  45. berapakah biayanya …dmn alamatnya?

    • mohon dibuka di halaman pelatihan Pak. untuk tempat di SMK Tunas Harapan Pati, Jl. Raya Pati-Trangkil KM.4 Pati jawa Tengah.

  46. saya mau tanya n pak.alamat pelatihan untuk mendapatkan sertfikat welder di kota medan dimana ya pak.tolong beritahu alamat y pak.terima kasih

    • blue sky hotel. Jl. Letjend. Soeprapto No. 1 Balikpapan 7621 linknya klik –> LINK

  47. nice infonya..

    http://titianmc.co.id/

  48. keren
    bagi ilmu donk pak saya mw ujian pengelasan 4F sama 3G

    • tentang apanya?
      silahkan tanya bagian tentang apa ?

  49. saya punya sertipikat 5g smaw dari blkpi pasar rebo saya ingi lanjut ke 6g pipa, terus kalu ingin punya sertipikat migas gimana caranya pak

    • harus pelatihan (beberapa saat) dilanjutkan dengan sertifikasi migas (migas cepu) bisa
      melayani

      • berapa biayanya pak biar saya bisa siapkan terus jadwalnya kapan

  50. di tuban di mana za…

    • di tuban sy tidak tahu. tapi untuk daerah jatim dapat di PT PAL Indonesia atau di VEDC Malang

  51. Pak saya sdah lama belajar tentang pengelasan
    Selama 3 tahun, tapi saya blum ada sertifikat,
    Yang saya mau inginkan, gimana caranya bisa belajar tentang las dengan bapak,,,,,
    Supaya bersertifikat diakui,,,,
    Kalau bleh tau ada g ya d daerah balikpapan..
    Saya tinggal d balikpapan,

    • Permasalahan Bapak sama dengan alumni kami dari Kalimantan, Beliau sudah berpengalaman pada pengelasan pelat, menghendaki pelatihan pengelasan pipa sampai 6G. karena sudah terbiasa menggunakan mesin las dan elektroda jenis LB52U AWS E7016 dan LB52 AWS E7018 beliau hanya membutuhkan waktu satu minggu kemudian ditindaklanjuti dengan uji sertifikasi dan alhamdulillah lolos uji visual dan bending dari LSP Welding Bandung. Bpk dapat berkomunikasi dengan kami 081390860120 (Baud Widodo).

    • Pak saya sudah jadi tukang las dah 6th tapi belum punya sertifikat..mulai dari pipa hidran steam chiler saniter sampe argon gimana caranya untuk mendaftar bikin sertifikat saya kerja di pt sanbe cimahi terima kasih

      • sebetulnya di VEDC Bandung jl. pesantren cimahi km. 2 ada. hanya saja harus minimal 6 orang.

  52. Sy ingin krusus las d’tempat yg bpk pimpin.kira2 brapa lama mengikuti kursus d’tempat bapak.dan biayanya brapa? Kapan pembukaanya?

    • Lamanya pelatihan tergantung dari kemampuan awal peserta. jika sudah memiliki dasar2 yang kuat, waktu lebih singkat. untuk pelatihan dapat dilakukan setiap waktu. jika berkenan langsung datang ke tempat kami sekaligus pelaksanaan pelatihan. biaya juga tergantung dari kebutuhan dan kemampuan awal Bapak sudah sejauh mana?… jika sudah memiliki dasar yang kuat tentunya semakin singkat dan biaya semakin hemat. terima kasih.

  53. klo ingin daftar gn pa caranya ??? trims

  54. assalammualaikum pak saya mau tanya, saya lulusan SMP tp saya bisa ngelas bisa gak saya ikut tes?

    • bisa, tetapi perlu dilihat kompetensinya dahulu secara teori dan praktik. silahkan datang langsung ke tempat kami untuk mengetahui kemampuan awal dan langkah selanjutnya. ujian dilaksanakan pada bulan april-mei pelatihan bulan maret. terima kasih.

  55. bagaimana cara ikut serta uji kompetensi welding

    • mendaftar, melakukan ujikompetensi mandiri (sudah disiapkan oleh lembaga), jika kompeten dilanjutkan dengan uji kompetensi teori dan praktik.

  56. nama saya beny pak.mw tny utk wilayah bogor ada gk pak.pelatihan bersertifikasi welding.trm kasih

    • bogor lebih dekat dengan Bandung, mungkin bapak dapat melaksanakan pelatihan dan sertifikasi di VEDC / P4TK Bandung (jalan pasantren cimahi).

  57. mksh atas infony pak
    xl bisa saya mau minta nomor hpny pak !?

  58. pak kalok ingin mendapatkat sertifkasi. di daerah malang di mana ya

    • dapat menghubungi VEDC Malang dekat terminal malang.

  59. assalamualaikum…
    sbelumnya saya pernah ikut pelatihan las kontruksi d blpt semarang
    saya sampe sekarang juga masih bekerja pada bidang konstruksi baja ringan,saya minat sekali ingin mengikuti sertifikasi ini,apakah msh bisa mendapatkan sertifikasi,saya skarang masih berada di bekasi.
    terima kasih.
    yusri.

    • rencana kami uji sertifikasi tanggal 8 s/d 11 Mei dengan LSP Welding VEDC Bandung, 17 s/d 18 Mei dengan PT Pal Indonesia (Surabaya). pelaksanaan di tempat kami (SMK Tunas Harapan Pati) seminggu sebelumnya dilakukan pelatihan terlebih dahulu. jika akan mengikuti sertifikasi silahkan konfirmasi kembali dan diharapkan mengikuti pelatihan dan dilanjutkan sertifikasi. terima kasih

  60. saya mau nanya ,pelatihan las migas di bukak bulan brpah?apakah dgn biaya sendiri atau gratis seperti pelatihan di blk ….

    • biaya sendiri. jadwal menyesuaikan peserta. jika menghendaki uji kompetensi dilakukan pada bulan Mei-Juni…

  61. Untuk sertifikat MIGAS apakah ada pa ,,,?

    • sertifikat migas harus uji sertifikasi ke lokasi (PT.Migas) Bisa saya hubungkan kalau berminat.

  62. kami dari papua ingin skali mengikuti, tpi kpan dan kmi harus lewat mna?? apakah harus lewat depnaker?? atau lewat perusahaan??

    sy harap infonya… thank very much

    by wardy

    • kami siap membantu dan tidak harus melalui perusahaan atau depnaker.
      terima kasih

  63. klw ada tes sertifikat migas aQ mw, klw bisa sertakan berapa biayanya and kpn waktuX.. coalnya sy sdh mempunyai pengalaman krj slama 4 thun mmliki sertifikat BLKI tpi sy merasa sertifikat sy blm memiliki standar migas..

    sy perlu skali infonya,
    by wardy di sorong-papua

    • silahkan menghubungi saya pada 081390860120.

  64. saya di samarinda apakah ad pelatihan welder 6g dbalikpapan

    • maaf sy belum tahu. coba lain waktu kalau saya ada info akan saya sampaikan di sini.

  65. susah banget mandiri las di kota jepara.warga bengkel asli jepara pada pelit ilmu,mahal pula harga jasa las.saya sudah punya perangkat las OAW acetylene untuk plat mobil.bisakah ikut pelatihan hanya oaw?kalo las listrik sih sudah bisa,dari belajar sendiri.acetylene kan danger,jadi kalo boleh ikut pelatihan singkat aturannya gimana?

    • Monggo bpk datang ke tempat kami.. waktu mengikuti kesempatan yang dimiliki Bpk. InsyaAlloh kami bantu. terima kasih

  66. saya bs welding tp mau lamar kerja ketempat lain tidak ada sertipikatnya

    • kalau memang dibutuhkan sertifikat, mestinya harus ujian sertifikasi welder dulu. hehehehe.. gitu to?..

  67. DEngan Hormat

    Bagaimana prosedur untuk mendapatkan sertifikasi pengelasan

    Atas informasinya saya ucapkan terimakasij

    • mengajukan permohonan untuk uji sertifikasi welder ke lembaga penguji. selanjutnya akan ada komunikasi lebih lanjut tentang materi uji dan penjadwalan uji sertifikasi welder. jika materi yang diujikan ternyata ada yang belum dikuasai calon, maka dilakukan pelatihan dahulu.

  68. pak saya pengen tau tempat dan persyaratan untuk mendaftar uji welder.

    • di bandung (P4TK TEDC Bandung, jl pasantren cimahi)
      di pusdiklat migas cepu,
      di inlastek solo
      di blpt condet jakarta
      persyaratan untuk uji kompetensi sertifikasi harus siap teori pengelasan dan praktik pengelasan posisi yang akan diujikan. di tempat kami pelatihan bulan april-mei. uji sertifikasinya bulan Mei. terima kasih

  69. lembaga kursus dan pelatihan kerja quantum skill tasikmalaya
    program las listrik dan las argon
    TLP/HP:(0265)2424138/085 222864405

  70. terima kasih media weldingsmkthpati smoga sukses

  71. Pa punten pelatihan d situ perpaket brp bulan & biya berapa perpaket

    • jika menghendaki semua paket langsung, biaya 5 juta (1 bulan).
      terima kasih.

      • Pa punten. Biaya 5jt sertifktnya dari migas ngga & kapn jadwal uji komptesi nya ?? trima kash

  72. Selamat Siang, perkenalkan saya Henry dari Bali, saya ingin menjalin kerjasama, di tempat saya sedang membutuhkan welder, siapa tahu bisa bekerja sama, bagi yang memiliki kemampuan Ngelas yang Ingin bekerja atau Praktek bisa di Perusahaan saya di Bali. Kontak Saya

    Henry Setiawan P
    hrd@hallomic.com
    081805594835

  73. kalo di daerah bogor ada gak pak cabangnya…
    mohon info nya…
    saya lulusan SMK AKUTANSI bisa kan pak

    • bogor ya ke bandung yang deket. di LSP Welding LAVALO P4TK Bandung. Jl. Pesantren Cimahi.

  74. Saya anak pemalang.. saya mau tanya pak.. Ada ga pak Selain d daerah pati di mana lagi ya pak tempat kursus pengelasan.. ya khususnya d daerah jateng.. Terimakasih pa

    • mungkin di BLK Semarang ada. atau di inlastek solo. migas cepu.

  75. maaf pak,kalau mau langsung sertifikasi tanpa pelatihan bisa gak pak.atau harus pelatian dulu,terus kalau di vedc malang ada gak?dan biayanya tolong dirincikan,terima kasih

    • jika ingin langsung sertifikasi pada dasarnya boleh saja. hanya kemampuan teori dan praktiknya apakah sudah memenuhi standar?.. (untuk membuktikannya dapat membawa hasil pengelasan yang telah dilakukan). untuk di vedc malang mestinya ada. tapi sya kurang tahu persis. untuk biaya setiap instansi memiliki standar yang berbeda karena perhitungannya berbeda. terima kasih.

  76. pak.mau tanya.
    kbtulan sya msh minim bnget pngalamn&pngn menekuni.
    & pngn punya sertifikasi.

    dr bojonegoro….gmn solusinya??

    • kami siap membantu untuk pelatihan dan sertifikasi. silahkan menghubungi kami 081390860120 atau datang langsung ke tempat kami. terima kasih

  77. Saya tinggal d jepara lulusan smp, apakah bisa ikut,kalau bisa saya hub siapa

    • untuk menjadi welder tidak ada batasan pendidikan ataupun usia. namun setelah menjadi welder dan ingin bekerja di suatu perusahaan tentu perusahaan akan menentukan persyaratannya. kami tunggu ya…

  78. Saya ingin jadi welder ,saya tinggal d jpara

    • silahkan berkunjung ke tempat kami. dapat kita diskusikan bagaimana caranya. kami tunggu ya..

  79. d,mana para welder ?

  80. Nama saya hari.jurusan sya teknik pengelasan.thn dpn saya pkl,tpi sya ingin mncari tmpt industri yg sesuai dgn jurusan.apakah d tmpat bpk menerima anak pkl ?

    • mohon maaf, tempat kami di SMK Tunas Harapan Pati. bukan Industri. jadi tidak dapat menyelenggarakan praktik industri. terima kasih. posisi Mas Hari saat ini ada di mana?..

  81. Di bekasi.jd tmpat yg cocok dmn y?terima kasih atas infonya

    • Jd bgus ya dmn, mas ?terima kasih

  82. maff pa sy lagi blajar jadi welder.ada ngga kaca mata.yang ngga bikin silau,dan ngga terlalu gelap.soal nya saya tdk bisa melihat obyek las

    • pakai saja helm las otomatis, dapat diatur tingkat kegelapannya. memang agak mahal. terima kasih.

  83. ass
    pak saya lulusan sma (ips)
    saya tertarik pengen sekali belajar semua teknik pengelasan
    saya berdomisili di kab, bandung barat
    apa saya bisa ikut serta ??
    kira2 berapa biaya keseluruhan dan tempat pelatihannya ??
    mohon info nya atau bisa d krm ke acenksan@gmail.com / 085624313448
    sebelumnya terimakasih saya ucapkan

  84. pak mhon bimbingan nya,klau dibatam ada gak ya,brpa biaya nya mhon info nya

  85. untuk pembelajaran pengelasan didaerah ada gak?

  86. saya seneng sekali dgn welding dan pgen bisa jadi wellder sejati..saat ini saya baru bisa sekedar welding asal kuat..ada nga buku tentang welding yg benar

  87. pak masih ada training di thn 2015????persyaratan apa aja….

    • insyaAlloh masih ada. syarat membayar biaya pelatih biaya pelatihan, transportasi dan akomodasi ditanggung peserta.

  88. Assalamu alaikum…
    Saya Umar, asal makassar, umur 23.
    Persyaratan apa saja untuk mengikuti pelatihannya?

    • syarat membayar biaya pelatihan. datang ke tempat pelatihan. tranportasi dan akomodasi ditanggung peserta.

  89. ass. salam sukses buat semua . saya lulusan sma suasta. dan saya telah bekerja di beberapa perusahaan di batam industri galangan kapal.
    dan posisi saya sekarang welder, tasa belum sangat memehami betul tentang fitur2 matrial atau pon itu. dengan tautan ini saya sangat berharap akan ada pelatihan untuk pemahaman pengelasan. terimakasih

  90. Nama saya dendi,saya dari bandung,saya ingin mengikuti kursus praktik welding dan ingin mndapatkan sertivikat ny
    Cara nya gmna pak dan letak tempat kursus nya dmna ?

    • caranya kalau ke tempat kami, silahkan mendaftarkan diri dan datang langsung pada saat pelatihan. membayar biaya pelatihan. dan waktunya mengikuti peserta (tidak terikat) waktu dan jumlahpeserta. sedang untuk sertifikasi peserta menginginkan sertifikasi dengan lembaga mana?.. nanti kami bantu untuk pendaftaran dan pelaksanaannya.

  91. Sy ingin skali bisa las
    Tpi sy lom da dana tuk kursus nglas stelah sy mlihat artikel bp d google kya’a tmpat kursus yg bp klola berbobot…kira2 Brapa biaya’a pa?

    • untuk pelatihan selama 1 bulan mulai dari 0 sampai posisi 6G biaya pelatihan 5 juta. tidak termasuk konsumsi, akomodasi dan tranportasi. untuk uji sertifikasi dengan migas cepu biaya sertifikasi 2,5jt. untuk uji sertifikasi dengan lsp lmi welding bandung biaya 1,5jt.

      • Mas saya mau tanya soal pengelasan

      • iya… tentang apa?

  92. saya bisa sedikit techknic las dan saya mau memperbaik ilmu las tpi saya seekolah g tamat sd apa saya bisa ikut belajar

    • bisa. dengan tambahan ilmu pengelasan diharapkan dapat berwirausaha walau tidak tamat SD. jika untuk dapat bekerja di perusahaan besar, biasanya persyaratan pendidikan diutamakan. yang terpenting dapat berwirausaha dan dapat memperoleh nafkah. kami membuka diri untuk semua kalangan.

  93. sangat bagus

  94. sejak saya tamat smk saya sangat ingin memperoleh sertificat migas pak.
    tapi saat ini saya berkuliah d salah satu universitas di RIAU.
    Bisa tidak saya mendaftar program ini pak?? walaupun saya disibukkan perkuliahan saya. tolong pak saya minta sarannya, trimakasih”

    • untuk menindaklanjuti harapan Mas Wendri, carilah waktu sekitar 1 bulan + 10 hari, untuk pelatihan di tempat kami dilanjutkan uji sertifikasi di Migas Cepu.

  95. saya ungin skali belajar welding, tempatnya di jawa timur,ada ngk pak, lebetulan saya dari lamongan, mohon informasinya

    • PT. PAL Indonesia Surabaya, ITS, Migas Cepu atau di tempat kami.

  96. Pak boleh minta no tlpnya..saya mau mengikuti tes welder pak..

  97. Saya mau tanya,,, saya ingin punya sertifikat mengelas & posisi saya di Klaten. Dimana tempat pelaksanaan terdekat & mendapatkan sertifikat yang standar nasional/internasional… Kebetulan saya sudah bisa mengelas tappi belum punya sertifikat. Saya butuh solusinyaa…???? Terimakasih…..

    • coba hubungi Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin (Pengelasan). jika ingin uji sertifikasi dengan migas cepu juga ada. jika dengan kami pada bulan april-mei. mungkin sementara itu yang dapat kami informasikan. jika ada pertanyaan yang lain, kami coba membantu. terima kasih.

  98. y uji kmpetensi yg ckp bgs,,sya jg, lulusan pusdiklat migas cepu januari 2014,

  99. Saya libri asal Palembang
    bekerja sebagai welder mmg impian saya tapi saya cuma tamatan SMP..
    apakah masih bisa untk mewujudkan impian saya.

    • sangat mungkin. silahkan untuk mengikuti pelatihan dan uji serfikasi. semoga berhasil


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: