Posted by: weldingsmkthpati | 4000000Wednesday09, 2008

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

Uji Kompetensi Keahlian SMK tahun pelajaran 2008/2009 didasarkan atas Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 154/BSNP/I/2009. Dengan adanya keputusan ini, maka semua tingkat satuan pendidikan khususnya SMK harus menyelenggarakannya dengan berbagai macam permasalahan yang ada di sekolah masing-masing.

Uji Kompetensi Keahlian ini terdiri dari 2 tahap,

  1. Ujian Teori Kejuruan. Ujian Teori kejuruan ini terdiri dari Ujian Teori Kejuruan Utama dan Ujian Teori Kejuruan susulan (bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang syah.
  2. Ujian Praktik Kejuruan. Ujian Praktik Kejuruan ini terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan Utama dan Ujian Praktik Kejuruan susulan (bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang syah.

Kegiatan Ujian Teori Kejuruan dilakasanakan pada Hari Selasa, 24 Maret 2009.

Kegiatan Ujian Praktik Kejuruan dilaksanakan minggu ke tiga bulan Maret 2009.

Ujian Kompentensi Keahlian SMK tahun pelajaran 2008/2009 ini, SMK Tunas Harapan Pati Program Keahlian Teknik Las berdasarkan POS yang ada memilih Paket Uji 1 dengan materi Las Busur Manual (SMAW). Tugas praktik kejuruan terdiri atas :

  1. Tugas mengelas dengan proses las SMAW posisi 1G dengan ketentuan material = p x l x t = 250 x 125 x 12mm
  2. Tugas mengelas dengan proses las SMAW posisi 2G dengan ketentuan material = p x l x t = 250 x 125 x 12mm
  3. Tugas mengelas dengan proses las SMAW posisi 3G dengan ketentuan material = p x l x t = 250 x 125 x 12mm

elektroda yang digunakan adalah = E6010/E6011/E6013/E7016

Pada saat ini siswa masih dalam tahap persiapan bahan yang nantinya dilakukan proses Uji Kompetensi Keahlian Praktik pada bulan Maret ini.


Responses

  1. Slm knl pak baut, saya welder 3g 4g, saya ingin tny, bagamana cara penembusan untuk pengelasan 6gr.Terima kasih

    • 6GR=pengelasan pipa miring 45 derajat, up hill/down hill, yang diberi penghalang pada sisi sekelilingnya (resistant). pengelasan penetrasi pertama dilihat trafo las yang ada. jika trafo AC, gunakan elektroda AWS E 6011, jika trafo las DC gunakan elektroda AWS E 6010 (DC+), AWS E7016 (L-B 52 U) (DC-). sudut elektroda siku-siku terhadap sumbu benda, dan maksimum 5 derajat terhadap garis normal menuju sumbu benda. dan dapat digambarkan =
      klik di sini

  2. Pak baud,mo tanyanih gmn cara penenbusan untuk posisi 6GR. Makasih

  3. maaf mau tanya, klo batasan welder boleh mengelas itu berdasarkan apa ya? apa tergantung posisisnya saja, atau juga tergantung berapa tebal pipa yang dilas……

    • welder diperbolehkan mengelas pada posisi maksimal sesuai yang tertera pada sertifikat yang telah ditempuhnya. dan welder tersebut direkomendasikan untuk melakukan pengelasan pada posisi di bawahnya. pengelasan pada benda-benda yang memiliki ketebalan berbeda akan dapat diatasi oleh welder dengan mengatur besar kecilnya arus pengelasan atau dapat diatasi oleh welder dengan proses pengelasannya yang digunakan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: